Sabtu, 17 Juni 2017

Mengapa Kita Harus Tepat Waktu?

Pikirkan makanan yang gosong karena terlalu lama dimasak barang semenit saja. Pikirkan seseorang yang tertinggal kereta karena lalai memperhatikan jadwal keberangkatan. Pikirkan hembus napas yang berkemungkinan untuk diambil oleh korban kecelakaan. Pikirkan orang-orang yang menunggu kita datang ke sebuah rapat yang telah diagendakan untuk dimulai pada waktu tertentu tetapi tertunda karena kebiasaan kita mengulur waktu. Pikirkan detik, menit, bahkan jam yang telah kita buang. Tidak ada yang bisa memungkiri bahwa waktu terus berputar. Waktu benar-benar merupakan hal yang sangat berharga. Sebanyak apapun uang yang kita punya, uang tidak bisa digunakan untuk membeli waktu. Oleh karena itu, waktu yang ada harus kita pergunakan dengan benar.

Budaya tepat waktu harus dilestarikan oleh kita semua. Sikap disiplin terhadap waktu adalah yang kita butuhkan untuk membudayakan tepat waktu. Ada 24 jam dalam sehari yang berarti ada 1.440 menit atau 86.400 detik dalam sehari. Itu banyak sekali. Namun, ingat bahwa waktu yang banyak itu tidak bisa kita sia-siakan. Dengan waktu yang banyak itu, kita bisa melakukan banyak hal. Manfaatkanlah 24 jam dalam sehari itu sebaik-baiknya sebelum 24 jam berikutnya datang. Terutama di dunia yang serba cepat seperti sekarang ini, kita harus tepat waktu untuk memenuhi segala kebutuhan, apalagi kalau itu adalah kebutuhan bersama.

Jika kita bisa tepat waktu, kita sudah menepati janji terhadap orang lain, diri kita sendiri, serta terhadap waktu itu juga. Janji harus ditepati jika benar kita ini manusia beradab. Bukankah ketepatan waktu berpengaruh terhadap kehidupan kita sehari-hari? Pikirkan waktu yang sudah kita buang, yang seharusnya kita manfaatkan dengan baik dan benar, dan tidak akan kembali lagi.

"Demi masa. Sesungguhnya manusia benar-benar kerugian." Apakah kita orang yang merugi itu?

Aisy Diina Ardhantoro
Teknologi Pasca Panen
Kelompok 13

#TepatWaktuItuBiasa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar