Sabtu, 21 Maret 2020

Mencegah COVID-19: Katakan "Halo" pada Makanan dan Minuman Berikut Ini

COVID-19 adalah penyakit pada paru-paru karena serangan virus corona. COVID-19 baru-baru ini menjadi sebuah pandemi karena penularannya yang begitu mudah. Yang kutahu, COVID-19 yang disebabkan oleh Novel Coronavirus ini belum ada vaksinnya. Pencegahan bisa dilakukan dengan meningkatkan daya tahan tubuh, yaitu dengan mengonsumsi makanan dan minuman bergizi tertentu. Perlu diketahui bahwa makanan-makanan ini bukan untuk membunuh virus bilamana virus tersebut sudah ada dalam tubuh, melainkan untuk mencegah tubuh terjangkit COVID-19. Aku tidak akan membahas secara detail karena mungkin sudah banyak web di luar sana yang membahas ini dengan sumber yang lebih terpercaya. Aku hanya ingin sekadar menyebutkan apa saja yang sebaiknya dikonsumsi agar lebih singkat.

Jahe, Kunyit, Temulawak, dan Sejenisnya

Bersyukurlah mereka yang menyenangi jamu-jamuan. Bahan-bahan dasar jamu yang merupakan rimpang (empon-empon) mengandung kurkumin dan senyawa turunannya, kurkuminoid, yang dapat mencegah inkubasi virus di sel inangnya dan menekan infeksi di paru-paru. Maka dari itu, konsumsilah air rebusan jahe, kunyit, atau temulawak secara rutin. Selain empon-emponan tersebut, daun serai juga mengandung kurkumin.

Ikan Berlemak

Lemak dari ikan adalah lemak yang paling baik jika dibandingkan dengan lemak dari sumber lainnya. Ikan kaya akan protein dan asam lemak Omega-3 yang dapat mencegah inflamasi (radang), terutama yang diakibatkan oleh virus. Contoh ikan-ikan berlemak di antaranya adalah ikan salmon, ikan tuna, ikan sarden, dan ikan makerel. Dengan mengonsumsi ikan berlemak, kita dapat mempertahankan daya tahan tubuh.

Buah-buahan yang Mengandung Banyak Vitamin C

Kita mengetahui bahwa vitamin C dapat meningkatkan imunitas tubuh. Vitamin C adalah salah satu senyawa antioksidan yang berguna untuk memperbaiki kerusakan sel dalam tubuh, baik karena bakteri maupun karena virus. Vitamin C bisa didapatkan dari berbagai macam buah-buahan. Contohnya adalah jeruk, jambu batu, manggis, mangga, stroberi, buah naga, kiwi, lemon, tomat, nanas, dan pepaya.


Buah Beri-berian

Buah beri-berian mengandung antioksidan berupa antosianin. Maka dari itu, banyak buah beri berwarna biru, ungu, atau merah karena pigmen antosianin tersebut. Buah beri-berian juga dapat mencegah terjadinya radang yang dapat menekan infeksi dari virus. Contoh dari buah beri-berian ini adalah blackberry, blueberry, dan raspberry.

***

Selain yang di atas, yang dapat dikonsumsi untuk menangkal adalah sayur bayam, brokoli, dan bawang putih. Bayam mengandung vitamin-vitamin dan mineral, seperti zat besi dan magnesium, yang bermanfaat untuk tubuh. Brokoli merupakan salah satu anti-inflamator. Bawang putih sudah dikenal lama sebagai antivirus. Usahakan juga untuk tetap menghidrasi tubuh dengan minum air minimal sebanyak 2 liter per hari. Jaga kesehatan, semuanya!

(Dari berbagai sumber.)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar