Minggu, 03 Maret 2024

Album-Album Lagu Barat untuk Didengar dari Saat Mulai sampai Selesai! (Bagian 7)

I think you know the drill.

Ada beberapa alasan mengapa aku menyukai suatu album:
  • Karena semua lagu sealbum enak didengar.
  • Karena ada cerita yang diceritakan kalau kita mendengarkan langsung sealbum tanpa henti (biasanya concept albums).
  • Karena tiap trek lagu bersambung.
  • dan sebagainya.

Jadi, inilah pos bagian ke-7 dari album-album favoritku. Tentu aku beri penjelasan dan ulasan mengenai album tersebut. Daftar album-album di bawah ini diurutkan berdasarkan waktu/tahun rilis album, bukan ranking favoritku.

  • Post, Björk (1995)

Aku suka dinamika lagu-lagunya dalam album ini. Aku suka bagaimana Björk mengekspresikan dirinya di sini. Semua lagu dari awal sampai akhir terdengar seimbang, ada yang menenangkan, ada yang menyemangati. Trek kesukaanku adalah "Hyperballad", sebuah cerita katarsis melankolis dalam lagu yang menyayat hati dan menguras air mata. Penilaian kritikus pada album ini lumayan tinggi terlepas dari berbagai permasalahan yang terjadi selama masa album ini. Sedikit banyak, album Post mengingatkanku untuk selalu bangkit lagi tiap kali terjatuh karena akan ada kebangkitan setelah terjatuh, tetapi tidak lupa juga untuk memanfaatkan waktu untuk menguatkan diri di kala terjatuh.

  • Savage Garden, Savage Garden (1997)

Ini adalah album pop rock hits klasik yang masih terdengar modern hingga saat ini. Aku suka bagaimana Savage Garden dibuka dengan "To the Moon and Back" sehingga kita memang seperti dibuat melayang ke bulan, otherworldly. Dilanjutkan ke "I Want You" yang membuat kita mengerti artinya mendamba. Diakhiri dengan "Santa Monica" yang menutup secara memuaskan. Savage Garden adalah album debut Savage Garden yang membuka gerbang ke berbagai kemungkinan dalam pop rock.

  • Waking Up, OneRepublic (2009)

Waking Up adalah concept album yang OneRepublic buat sebagai album ke-2 mereka. Sesuai namanya, album ini menggugah dan membangunkan kita dari mimpi-mimpi buruk, membuat kita terbangun dengan tenang. Setelah bangun tidur, kita dihadapkan kepada kenyataan dengan perenungan terhadap kehidupan. Oleh karenanya, Waking Up bisa menjadi album untuk menemani menghadapi tantangan. Lagu "Waking Up" yang juga titel dari album adalah puncak album ini di mana pada lagu "Waking Up" semua intisari dari album diperas dan dimasukkan ke dalam telinga kita.

  • Red, Taylor Swift (2012/2021)

(Yang kudengarkan adalah versi rekaman ulang, yakni yang Taylor's Version tahun 2021.) Satu lagi album Taylor Swift yang membuatku relate selain Midnights. Taylor Swift mengambil kesempatan mencoba genre rok, melakukannya, dan membuatnya nyata dalam album Red. Kebetulan, aku suka warna merah. Merah merupakan warna yang menggambarkan emosi kuat dan itu tergambar dalam album ini. Gelora, semangat, kesedihan, jatuh-bangun dalam cinta, ada semua. Jangan lupa mendengarkan Red untuk hari-hari yang "merah".

  • Ghost Stories, Coldplay (2014)

Album ini punya soft spot di hatiku (karena album ini adalah CD album pertama yang pernah kubeli, sayangnya sekarang CD-nya rusak). :') Ghost Stories bisa menempati soft spot banyak orang karena album ini dibuat pascaperceraian Chris Martin dan Gwyneth Paltrow. Memang, ada kesan muram dan melankolis dari album ini, tetapi, anehnya, itu terdengar optimistis. Ada warna-warna baru dari album ini yang menenangkan, melodis, dan jelas bertekstur. Jangan lupakan desain dan kemasan dari album ini yang indah.

  • The Magic Whip, Blur (2015)

Aku ingat pertama kali aku tahu album ini dari ulasan dalam majalah gratisan. Katanya, sih, bagus. Dan album ini merupakan penanda kembalinya Blur dalam kancah Britpop. Satu lagi album yang dapat soft spot di hatiku. Lagu-lagunya ringan dan menyenangkan, tidak seperti beberapa album terdahulu. Menurutku, ini adalah album Britpop yang lebih poppy tetapi juga "pintar" dengan kedalaman dan tekstur yang menginspirasi. (Coba perhatikan juga gambar es krim pada sampul albumnya yang menarik.)

  • The New Abnormal, The Strokes (2020)

Easy listening, itu pendapatku terhadap album ini. Aku mau membuat pengakuan kalau beberapa lagu The Strokes memang agak sulit untuk dinikmati, tetapi tidak untuk lagu-lagu di album ini. Jadi, jika ingin mengenal The Strokes, bisa mendengarkan dari album ini lalu mundur ke belakang. The Strokes menyesuaikan tema pandemik pada album ini, makanya perhatikan judulnya, dan lagu-lagunya memang cocok untuk didengarkan pada saat kesepian kala pandemi, cocok untuk menemani. Namun, setelah keadaan berangsur-angsur pulih, The New Abnormal juga cocok didengarkan di waktu-waktu normal ini.

  • Petals for Armor, Hayley Williams (2020)

Ini adalah album solo Hayley Williams di mana Hayley Williams bisa benar-benar mengekspresikan dirinya sendiri. Terdengar sangat indie, seolah-olah kita dibuat mengenal siapa Hayley Williams sesungguhnya. Ya, di album ini, Hayley Williams memang menumpahkan seluruh perasaannya, salah satunya tentang selama berkarier dalam Paramore. Bisa dibilang, album ini adalah penguatan eksistensi Hayley Williams. Aku sendiri kuat mendengarkan 15 lagu dalam album ini, dari awal sampai akhir, dan album ini cocok untuk menguatkan dan menyemangati diri saat bekerja.

  • Sob Rock, John Mayer (2021)

Album Sob Rock dilengkapi lagu yang enak-enak. Beberapa lagu pembuka pada album ini cocok untuk membangung mood agar tidak bosan. "Last Train Home" yang uplifting, "Shouldn't Matter but It Does" yang bikin sobbing, "New Light" yang tidak diduga ada di album ini, dilanjutkan "Why You No Love Me", dst.. Mungkin Sob Rock penuh lagu mellow, tetapi bisa dibilang itulah poin plusnya.

  • The Jaws of Life, Pierce the Veil (2023)

Apa yang harus kubilang tentang album ini? :') Semua lagunya saat didengarkan tanpa dilewatkan satu pun bagus semua. 12 lagu berturut-turut! Dengan latar belakang pembuatan album yang agak sedih, The Jaws of Life terealisasi sebagai "gigi" (gerigi) yang menggeligi dan bergerak secara intim dan melodis. Apa pun masalah yang menjerat kita pada saat ini, semoga kita bisa terlepas darinya, menemukan solusi dan kemudahan, serta tetap melihat cahaya dalam kegelapan. Itulah yang dimaksud oleh The Jaws of Life ini. Jika aku harus memilih satu lagu dari The Jaws of Life, aku akan memilih "Emergency Contact" yang amat sentimental.

Begitulah pada bagian ke-7 ini. Aku harap, kalian bisa mendengarkan semuanya. Mungkinkah ada lanjutan dari pos ini? Aku sebenarnya belum tahu. :')

Sudah. Itu saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar