Kamis, 13 Juni 2024

Album-Album Lagu Barat untuk Didengar dari Saat Mulai sampai Selesai! (Bagian 8)

Kali ini, aku mencoba format baru. Aku memberikan 5 (lima) album kesukaanku yang diikuti oleh satu rekomendasi album serupa atau yang mirip, jadi bisa dibilang, deskripsi album yang mengikuti sudah diwakilkan yang sebelumnya. Jadi, akan ada lima pasang album, totalnya 10 (sepuluh) album.

Konsepnya tetap sama. Semuanya album kesukaanku yang bisa kudengarkan dari awal sampai akhir. Kelima pasangan album ini membuatku terpukau akan hubungan dan kecocokan mereka. Aku harap, kalian juga.
 
A Beautiful Lie, Thirty Seconds to Mars (2005)

Apakah semuanya hanya mimpi? Apakah semuanya adalah kebohongan? Thirty Seconds to Mars membuat kita bertanya-tanya lewat lagu-lagunya dalam A Beautiful Lie. A Beautiful Lie bisa didengarkan dari awal sampai akhir dengan cerita yang menjanjikan dan suara drum yang mengisi lagu-lagunya. Itulah mengapa Shannon Leto adalah salah satu drumer kesukaanku.

Rekomendasi album serupa: This Is War, Thirty Seconds to Mars (2009)
Menurutku, This Is War bisa dibilang sekuel dari A Beautiful Lie dengan tema, alur, dan genre yang tidak jauh berbeda, jadi This Is War bisa didengarkan setelah A Beautiful Lie. This Is War lebih seperti lanjutan A Beautiful Lie dengan banyaknya realisasi dari pertanyaan-pertanyaan sebelumnya di A Beautiful Lie. Kebetulan, realisasinya adalah perang dan damai.
 
Madness, Sleeping with Sirens (2015)

Apa sebenarnya deskripsi kegilaan? Sleeping with Sirens menjelaskannya dalam Madness, juga cara menghadapi kegilaan tersebut. Album yang dominan dengan pop rock dengan sentuhan punk dan post-hardcore ini memberi kesan rebel yang cocok untuk materinya. Tidak salah untuk memvalidasi bahwa kita pernah merasa "gila", asalkan tidak selalu berhenti di tempat untuk terus bersedih. Tidak salah kalau Madness pernah dinominasikan sebagai Album of the Year di tahun 2016 dalam Alternative Press Music Awards.

Rekomendasi album serupa: Bones, Young Guns (2012)
Bones merupakan album rok alternatif dengan substansi self-empowerment dan inner strength yang solid. Meski "gila", harus tetap "hidup". Semoga kita diberi petunjuk dan dibimbing untuk menjalani kehidupan dengan benar.
 
Reputation, Taylor Swift (2017)
 
Album yang sangat GG menurutku, baik maksudnya glamour and gothic maupun good games. Taylor Swift membuat lagu-lagu electropop terdengar badass di Reputation, tetapi dengan pembawaan yang cukup elegan. Hubungan gagal? Dengar Reputation. Hubungan berhasil dan berjalan dengan baik? Dengar Reputation. Galau? Dengar Reputation. Senang? Dengar Reputation.

Rekomendasi album serupa: Ceremonials, Florence + The Machine (2011)
Album yang sangat GG juga. Lagu-lagunya juga tidak kalah elegan. Tema hitam-kelabu dari kedua album menunjukkan sekumpulan trek yang berkelas.
 
The Gods We Can Touch, AURORA (2022)

The Gods We Can Touch berisi lagu-lagu accoustic folk pop yang mistis. Ada sedikit kesan gotik juga di sini. Lagu-lagunya tentang self-empowerment untuk melepaskan diri dari insecurity dan abuse. Meski beberapa lirik lagunya terdengar suram, ada nuansa menyenangkan di sini, seperti kalau dalam cerita, kita bisa melepaskan diri dari cliffhanger agar tidak "digantung". Benar saja karena trek lagu "A Little Place Called Moon" menutup concept album ini secara menenangkan seolah-olah kita sudah sampai di tempat yang aman, safe haven, kalau kita sudah mendengarkan album ini dari awal sampai akhir.

Rekomendasi album serupa: Dance Fever, Florence + The Machine (2022)
Lagu-lagu accoustic folk pop yang independen yang dapat membuat kita berdansa sesuai judul albumnya terdapat juga di sini. Semua lagu di Dance Fever terdengar ornamental di telinga, menghiasi hari jika didengarkan dari awal sampai akhir. Pokoknya, vibes dari Dance Fever ini mirip dengan album sebelumnya: kesan gotik dan hal-hal terkait cerita folklor.
 
HIT ME HARD AND SOFT, Billie Eilish (2024)

Billie Eilish kembali dengan kejutan besar yang artistik kali ini. Ada aransemen orchestraic yang membuat album ini terdengar rapi dan menarik. Ada konsep vulnerability yang tersirat dalam lagu-lagunya. Album rekomendasi selanjutnya juga berkonsep mirip.

Rekomendasi album serupa: ROOM UNDER THE STAIRS, Zayn Malik "ZAYN" (2024)
Aku tidak tahu, ya, apakah Billie dan Zayn janjian untuk merilis album di tanggal yang sama (17 Mei 2024). Selain itu, warna sampul albumnya juga sama-sama dominan biru dengan judul album yang dikapitalkan semua. Lagu-lagunya juga sama-sama lembut dan enak masuk telinga, hanya saja dalam genre yang berbeda. Billie bergenre bedroom pop sementara Zayn bergenre soul dan country.
 
BONUS
Ini bukan album yang sepenuhnya kusukai, tapi ada kemiripan antara satu sama lain.

Toxicity, System of a Down (2001)
Biophilia, Björk (2011)
Infections of a Different Kind (Step 1) (2018) dan A Different Kind of Human (Step 2) (2019), AURORA

Infections of a Different Kind (Step 1) sebenarnya adalah EP, bukan LP. Namun, Infections of a Different Kind (Step 1) menjadi prekuel dari album A Different Kind of Human (Step 2). A Different Kind of Human (Step 2) melanjutkan tema yang serupa dengan Infections of a Different Kind (Step 1) tepat sebagai album full kedua dari AURORA.
 
Keempat rekaman di atas sama-sama bertema meningkatkan kesadaran lingkungan, seperti kelestarian dan keberlanjutan lingkungan, pemanasan global, isu sosial-politik, infrastruktur perkotaan dan pedesaan, pendidikan dan sains, serta penyalahgunaan sumber daya. Selayaknya eksperimen demi peningkatan yang lebih baik, keempat rekaman banyak memasukkan unsur-unsur eksperimental dalam genre musik mereka. (Björk bahkan menggunakan alat musik unik, seperti kumparan Tesla, harpa gravitasi, dan gameleste—perpaduan gamelan dan celesta.) Mereka memadukan unsur folk dan jazz ke dalam genre dasar mereka di rekaman-rekaman tersebut sehingga lagu-lagu mereka terdengar lebih melodis.
 
Tidak hanya rekaman-rekamannya yang tersusun dengan baik, tetapi juga materi yang dibawakan berfaedah untuk kebaikan.
 
Nine Track Mind, Charlie Puth (2016)

Sedang ingin galau? Album debut Charlie Puth, Nine Track Mind, banyak lagu galaunya. Ya, di sini terdapat lagu-lagu galau yang tiap treknya tidak bisa dilewati begitu saja. Sesekali galau secara kohesif tidak apa-apalah, iya kan?

Rekomendasi album serupa: Doo-Wops & Hooligans, Bruno Mars (2010)
Sama-sama berisi lagu galau. Sama-sama warna kuning.
Pasangan lagu:
  • "Grenade" dan "Dangerously"
  • "Count on Me" dan "One Call Away"
(Di draf awal, aku mau masukkan album-album "kuning" ini ke daftar lima pasang di atas, tetapi ternyata Charlie Puth pro zionis. Aku sudah menulis draf ini jauh dari sebelum aku tahu. Aku jadikan dishonourable mention saja.)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar