Selasa, 09 Maret 2021

Menunjukkan Kerentanan Bukan Menunjukkan Kelemahan!

Menunjukkan Kerentanan Bukan Menunjukkan Kelemahan!


Sebaik-baiknya kita, sehebat-hebatnya kita, secantik atau setampan apapun kita, kita pastu pernah melakukan kesalahan, kekonyolan, hal-hal memalukan dan negatif, atau apapun yang tidak menyenangkan lainnya. Itu bukanlah sesuatu yang harus ditutup-tutupi. Tidak, kamu tidak lemah. Ya, kamu tahu bahwa manusia rentan berbuat salah. Manusia adalah tempatnya khilaf (keliru). Semua manusia pernah menjadi khilaf. Jika kamu terlalu memaksakan diri untuk menjadi sempurna, kamu justru akan memperlemah dirimu. Tidak apa-apa bila kamu merasa lemah. Artinya, kamu sudah cukup kuat untuk mengakui bahwa kamu ini lemah.

Ketahuilah, tujuan-tujuan yang ingin kaucapai sama sekali tidak mudah. Adakalanya, kamu menemui kegagalan, tetapi itu bukan berarti kamu sendirilah kegagalan itu. Bukankah kegagalan yang menjadi sumber keberhasilan? Kamu lebih mencintai tujuanmu, mimpi-mimpi dan kesuksesan daripada mencintai dirimu sendiri? Ah, ya, media seringkali menipu dengan menunjukkan lebih banyak kesuksesan yang dimiliki orang lain ketimbang kegagalannya yang sebenarnya lebih biasa, lumrah, wajar, dan diharapkan.

Lalu, bagaimana dengan orang-orang yang pernah kamu kecewakan? Mereka yang pernah kamu kecewakan masih butuh cinta dan butuh untuk dicintai. Mungkin darimu, mungkin juga tidak. Memang tidak semua orang akan menyukai kita. Namun, pasti akan datang orang-orang yang tepat meskipun pernah dikecewakan. Orang-orang yang tepat akan senang hati bersamamu. Orang-orang yang tepat akan mencintaimu secara tulus dan tanpa syarat. Tentu saja itu akan terjadi jika kamu mencintai dirimu sendiri juga. Tentu saja itu akan terjadi jika kamu mau berbagi dan menunjukkan kerentananmu kepada orang-orang yang tepat itu, dengan cara yang tepat dan dalam jumlah yang tepat juga. Kamu tidak hanya terdiri dari segala pencapaianmu, tetapi juga dari orang-orang yang mencintaimu.

Istirahatlah hingga kamu pulih dan rasa sakitmu hilang, lewat, tidak peduli selama apapun. Apapun yang terasa sakit akan sembuh. Menjadi rentan membuka peluangmu untuk mengetahui kekuatanmu dan kelemahanmu sehingga kamu tidak mengabaikannya dan tidak menyembunyikannya. Kesalahan dan kekhilafan akan membuatmu lebih banyak belajar. Maka dari itu, jangan putus asa. Percayalah, suatu saat, keberuntungan akan berpihak kepadamu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar