Rabu, 20 Juli 2016

Tetap Fokus dengan "Forest"

Resensi Aplikasi "Forest" untuk Android

Nama Aplikasi: Forest: Stay Focused
Pengembang: forestapp.cc
Versi: 3.6.2
Skor: 4,2 (35.140 suara)
Deskripsi: "The best cure for phone addiction."

"Forest" merupakan aplikasi yang dirancang untuk mengurangi kecanduan memainkan smartphone. Teknis dari aplikasi ini adalah menjauhkan pecandu dari smartphone-nya selama jangka waktu tertentu: 25 menit. Aplikasi ini berguna untuk menghindari distraksi dari smartphone (seperti notifikasi chat dan medsos serta panggilan-panggilan lainnya).

Bagaimana cara kerja aplikasi ini? Begitu kita buka aplikasi ini, kita akan diminta untuk menanam pohon virtual. Bibit pohon tersebut akan tumbuh menjadi pohon dewasa dalam 25 menit. Namun, kita tidak boleh keluar dari aplikasi agar pohonnya tumbuh atau pohonnya akan mati.
 Di saat pohon itu berusaha tumbuh selama 25 menit itulah pecandu bisa menjauh dari smartphone-nya dan mengerjakan hal-hal yang lebih bermanfaat seperti mengerjakan PR, memasak, atau mencuci piring tanpa gangguan dari smartphone. Penghargaan jika berhasil menumbuhkan sebatang pohon adalah mendapatkan sembilan koin. Kumpulkan koin sebanyak-banyaknya untuk membuka berbagai jenis pohon lainnya.
Pohon Bunga

Pohon yang berbunga....
Wah, rumah pohon!
Sarang Burung
Pohon Lemon

(Omong-omong, itu lagu apa?)
Pohon Cemara Triplet

Pohon cemara yang batangnya membagi tiga.
Lho, gurita?
Sakura

Keberhasilan kita akan direkam dan dicatat durasi perharinya. Semakin sering pecandu menanam pohon virtual untuk menjauh dari smartphone-nya, semakin banyak pohon yang ia punya perhari dan terbentuklah hutan setiap harinya. Itu jika kita menanam pohon lebih dari sekali. Beginilah gambarannya:.
(Klik batang-batang pada diagram untuk melihat lahan hutan perhari.)
Pohon saya pada hari Senin, 18 Juli 2016...
Pohon saya pada hari Selasa, 19 Juli 2016...
Pohon saya pada hari Rabu, 20 Juli 2016...

Desain aplikasi yang unik dan imut ini bisa membuat para pecandu tertarik untuk menumbuhkan pohon-pohon virtual. Aplikasi "Forest" ini juga bisa menjadi timer. Pecandu diuntungkan dengan jika pecandu menggunakan aplikasi lain dalam whitelist (notifikasi yang muncul saat layar smartphone mati), itu tidak akan membuat pohon mati. Nyaris tidak ada kelemahan pada aplikasi ini. Dalam skala 1 s.d. 5, saya beri nilai 5 untuk "Forest".
Sudah. Itu saja.

Notabene:
Link unduh untuk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar