Senin, 05 Juni 2023

Logistik dalam Perdagangan

Apa yang terpikirkan ketika mendengar kata 'logistik'? Mungkin saja pengadaan dan pengantaran barang dengan berbagai moda transportasi untuk distribusi. Logistik sebenarnya lebih dari itu. Logistik terdiri dari keberjalanan perdagangan (trade) secara keseluruhan, baru kemudian menyangkut persoalan pengangkutan barang (freight). Ternyata, logistik dibutuhkan pula untuk low cost manufacturing (manufaktur biaya rendah) hingga manajemen rantai nilai selain hanya dalam manajemen rantai pasok. Semua itu karena logistik terkait dengan aliran barang dan informasi dari ujung awal sampai ujung akhir dalam industri. Supaya lancar, sistem logistik yang efisien dan efektif perlu diwujudkan untuk menyokong perdagangan nasional.
Gambar 1. Sislognas di Level Makro dan Mikro

Gambar 2. Peran Sislognas untuk Misi Ekonomi Nasional

Gambar 3. Kerangka Pengembangan Cetak Biru Sislognas untuk Visi Ekonomi Nasional

Indonesia sendiri sesungguhnya memiliki Sistem Logistik Nasional yang menjadi rancangan sistem logistik se-Indonesia. Logistik yang efektif dan efisien merupakan hasil dari kolaborasi antarsektor yang mumpuni. Dengan berbagai milestones yang harus diraih dalam beberapa waktu tertentu, untuk Indonesia dengan Sistem Logistik Nasional (Sislognas), ada target-target ekonomi dan perdagangan nasional yang perlu dicapai. Pemantauan perkembangan Sislognas perlu menjadi konsisten agar terkejar hingga tahun 2045.
Gambar 4. Jaringan Sislognas

Isu-isu yang perlu dipertimbangkan dalam mengembangkan Sislognas di antaranya adalah pengaplikasian ICT (Information and Communication Technology) untuk logistik pintar, logistik hijau, logistik halal, dan pergeseran pertumbuhan ekonomi dari Barat (Eropa dan Amerika) ke Timur (Asia). Beberapa ICT dalam Sislognas yang dikembangkan adalah INALOG (e-Logistik Nasional), INSW (Indonesia National Single Window), dan NLE (National Logistics Ecosystem). INALOG merupakan layanan satu atap sistem logistik dalam perangkat untuk melayani transaksi G2G, G2B dan B2B, baik untuk perdagangan domestik maupun internasional yang terkoneksi dalam jaringan logistik ASEAN dan jaringan logistik global secara daring yang didukung oleh infrastuktur dan jaringan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). INSW adalah sistem nasional Indonesia yang memungkinkan dilakukannya suatu penyampaian data dan informasi secara tunggal, pemrosesan data dan informasi secara tunggal dan sinkron, dan pembuatan keputusan secara tunggal untuk pemberian izin kepabeanan dan pengeluaran barang. NLE merupakan ekosistem logistik yang menyelaraskan arus lalu lintas barang dan informasi dari kedatangan sarana pengangkut hingga barang tiba di gudang. NLE berorientasi pada kerja sama antar instansi pemerintah dan swasta. Instansi-instansi dapat saling mengirimkan data, mengefisienkan proses, dan melakukan kegiatan logistik yang terhubung dengan adanya basis sistem teknologi informasi.
Gambar 5. Skema INALOG

Gambar 6. Sistem Ekonomi Digital

Dalam perdagangan nasional, baik pemerintah maupun masyarakat harus memastikan visi dan misi perdagangan nasional tercapai dan dilakukan dengan memperhatikan ketujuh aspek program sektor Sislognas, yaitu komoditas penggerak utama (komoditas pokok dan strategis, komoditas unggulan ekspor, dan komoditas umum/bebas), pelaku dan penyedia jasa logistik, infrastruktur transportasi, teknologi informasi dan komunikasi, sumber daya manusia, regulasi dan kebijakan, serta kelembagaan. Untuk mengatasi permasalahan struktural dalam perdagangan nasional, pihak yang berwenang perlu menerapkan demokrasi yang tepat dalam menerima masukan dari masyarakat karena mampu memengaruhi sistem perdagangan nasional. Perkembangan logistik dalam perdagangan akan berjalan lancar jika pemikiran win-win solution digunakan. Oleh karenanya, perubahan paradigma dalam bekerja dari win-lose mindset ke win-win mindset menjadi penting. Untuk selengkapnya mengenai Sislognas dapat diperhatikan pada Peraturan Presiden RI No. 26 Tahun 2012 tentang Cetak Biru Pengembangan Sistem Logistik Nasional.
Gambar 7. Faktor Penggerak Sislognas

***

Materi didapatkan dari webinar "Sistem Logistik Nasional dan Peran Kementerian Perdagangan dalam Pengembangannya" yang diadakan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia dengan pemateri Prof. Dr. Ir. Senator Nur Bahagia (dosen di Teknik dan Manajemen Industri ITB) pada 28 Februari 2023: 9.00—12.00.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar